Senin, 03 November 2014

Tugas ISD ke V - Pengertian ISD dan IPS




A. Pengertian ISD
Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial seperti sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosial, antropologi, dan psikologi sosial.
Ilmu Sosial Dasar tidak merupakan gabungan dari ilmu-ilmu sosial yang dipadukan, karena masing-masing sebagai disiplin ilmu memiliki obyek dan metode ilmiahnya sendiri-sendiri yang tidak mungkin dipadukan.
Ilmu Sosial Dasar bukan merupakan disiplin ilmu tersendiri, karena Ilmu Sosial Dasar tidak mempunyai obyek dan metode ilmiah tersendiri dan juga ia tidak mengembangkan suatu penelitian sebagaimana suatu displin ilmu seperti ilmu-ilmu sosial diatas.
Tema pokok perkuiahan ISD sebagai bagian dari MKDU adalah hubungan timbal balin antara manusia dengan lingkungannya. Hubungan tersebut dapat mewujudkan adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial dan inilah yang menjadi pusat perhatian dari Ilmu Sosial Dasar dan yang penelaahnya menggunakan pendekatan berbagai disiplin.

B. Tujuan ISD
Ilmu Sosial Dasar merupakan suatu bahan studi atau program pengerjaan yang khusus dirancang untuk kepentingan pendidikan/pengajaran yang di Indonesia diberikan di perguruan tinggi. Ilmu Sosial Dasar memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan guna mengkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, presepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosialnya dapat ditingkatkan, sehingga lebih peka terhadapnya.
Sebagai salah satu dari mata kuliah dasar umum, Ilmu Sosial Dasar mempunyai tujuan pembinaan mahasiswa agar :

  • Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat
  • Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya
  • Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya (mempelajarinya) secara kritis-interdisipliner
  • Memahami jalan pikirian para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan meraka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat


  • C. Perbedaan ISD dan IPS
    Berikut ini merupakan perbedaan dari ISD dan IPS :

  • Ilmu Sosial Dasar diberikan di perguruan tinggi, sedangkan ilmu pengetahuan sosial diberikan di sekolah dasar dan sekolah lanjutan
  • Ilmu Sosial Dasar merupakan suatu mata kuiah tunggal, sedangkan ilmu pengetahuan sosial merupakan kelomok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan)
  • Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedangkan ilmu pengetahuan sosial darahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual

  • D. Persamaan ISD dan IPS
    Berikut ini merupakan persamaan ISD dan IPS :

  • Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran
  • Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri
  • Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial
  • About Us