Rabu, 26 Oktober 2016

INHERITANCE, ENCAPSULATION DAN POLIMORFISME “KELAS MAMALIA DAN TURUNANNYA”




A. Pengertian
1. Pengakapsulan (Encapsulation)
Pengkapsulan adalah metode untuk menggabungkan data dengan fungsi. Dalam konsep ini data dan fungsi digabung menjadi satu kesatuan yaitu kelas. Konsep ini erat kaitannya dengan konsep penyembunyian informasi (information hiding).

2. Pewarisan (Inheritance)
Dari konsep pewarisan ini suatu kelas bisa diturunkan menjadi kelas baru yang masih mewarisi sifat-sifat kelas orangtuanya. Hal ini dapat dianalogikan dengan kelas manusia. Manusia merupakan turunan dari orang tuanya dan sifat-sifat orang tua diwarisi olehnya. Bisa ditarik kesimpulan bahwa semua kelas di dunia selalu memiliki hirarki yang menggambarkan silsilah kelas tersebut.

3. Polimorfisme (Polymorphism)
Polimorfisme berarti kelas-kelas yang berbeda tetapi berasal dari satu orang tua dapat mempunyai metode yang sama tetapi cara pelaksanaannya berbeda-beda. Atau dengan kata lain, suatu fungsi akan memiliki perilaku berbeda jika dilewatkan ke kelas yang berbeda-beda.

B. Penjelasan dan contoh
1. Konsep
     
Konsep untuk membuat inheritance, encapsulation dan polymophisme disini dengan membuat sebuah class utama yang lebih umum, kemudian dibuat menjadi kelas turunannya yang lebih khusus dan kemudian membuat class yang lebih spesifik lagi. Kelas utama akan menurunkan method dan variabelnya kepada anak-anak kelas nya. Hal ini dinamakan proses inheritance.
Kemudian pada kelas turunan pertama terdapat dua method yang sama namun mempunyai peranan dan inputan yang berbeda. Hal ini yang dinamakan dengan polimorphisme. Dan encapsulation terjadi pada pembungkusan informasi yang terdapat di dalam class sehingga tidak sembarang class dapat mengakses.

2. Screenshoot program
     


Gambar pembagian class


Gambar file Class Mamalia.java sebagai parent


Gambar file Class sapi.java sebagai turunan pertama class mamalia


Gambar file Class kucing.java sebagai turunan pertama class mamalia


Gambar file Class anjing.java sebagai turunan pertama class mamalia


Gambar file Class alaskamalmut.java sebagai turunan pertama class anjing

Gambar file Class beagle.java sebagai turunan pertama class anjing

Gambar file Class anggora.java sebagai turunan pertama class kucing
3. Screenshoot output
     

Gambar Output program yang di running dari class anggora
Penutup
Demikian tugas ini kami publikasikan. Jika ada kekurangan atau saran anda dapat kirimkan melalui kompentar di bawaha ini. Terima kasih
About Us