Selasa, 13 Januari 2015

Tugas ISD ke X - Contoh Masalah Sosial yang disebabkan oleh Faktor Psikologis

Masalah Sosial yang dipengaruhi oleh faktor Psikologi



1.Pengertian Masalah Sosial
Seringkali kita mendengar mengenai masalah sosial, namun tidak tahu apakah definisi dari masalah sosial itu. Masalah sosial muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada. Yang dapat menjadi sumber masalah sosial yaitu seperti proses sosial dan bencana alam. Adanya masalah sosial dalam masyarakat ditetapkan oleh lembaga yang memiliki kewenangan khusus seperti tokoh masyarakat, pemerintah, organisasi sosial, musyawarah masyarakat, dan lain sebagainya.

Definisi dari Bapak Soerjono Soekanto masalah sosial adalah suatu ketidak sesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Jika terjadi bentrokan antara unsur-unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat. Masalah sosial dapat dikategorikan menjadi 4 (empat) jenis faktor, yakni antara lain : Faktor Ekonomi, Faktor Budaya, Faktor Biologis, dan Faktor Psikologis.

2.Pengertian Masalah Sosial
Faktor ini berhubungan dengan masalah pola pikir suatu masyarakat atau pribadi tertentu yang bersinggungan dengan tatanan kehidupan sosial yang ada. Seperti misalnya aliran sesat dan pemahaman lainnya yang menyimpang dari ajaran agama yang jika diamati secara detail sangat tidak masuk akal. Masalah sosial yang satu ini tidak mudah menanganinya karena menyangkut soal keyakinan, sehingga butuh penanganan secara berkesinambungan dengan pendekatan-pendekatan yang bijak. Berikut ini adalah salah satu contohnya yaitu aliran sesat dan penyakit syaraf :

2.1Aliran Sesat
2.1.1 Pengertian
Aliran sesat adalah aliran yang menyimpang dari norma keagamaan itu sendiri, meskipun mereka menganggap semua hal yang mereka yakini itu adalah suatu kebenaran, tapi pada kenyataannya mereka tetaplah salah. Mereka tidak mengakui Tuhan sebagai pencipta dari segala yang ada di jagad semesta ini, melainkan mereka mentuhankan hal-hal yang tidak masuk diakal seperti patung, pohon, benda-benda antik dan sebagainya.
Tapi diantara beberapa aliran sesat tersebut ada yang mengakui Tuhan itu ada, tapi pelaksanaannya tidak sesuai dengan tata cara agama yang telah ada sebelumnya, sehingga meskipun mengakui adanya Sang Maha Pencipta, namun tetap saja pelaksanaannya salah dan dapat dikategorikan menyimpang. Hal itulah yang memicu banyaknya penyimpangan sosial lain, baik berupa tindak anarkis ataupun asusila. Hal ini dikarenakan dalam beberapa ajarannya, aliran sesat ini biasanya membebaskan para pengikutnya untuk berbuat sesuatu yang melebihi norma dan kewajaran, seperti pemerkosaan, perampokan, pembunuhan, penganiayaan, dan lain sebagainya.

2.1.2 Contoh Aliran Sesat
a) Kerajaan Lia Eden (Salamullah)



Agama Salamullah adalah agama baru yang menghimpun semua agama, didirikan oleh Lia Aminuddin, umur 51 tahun tinggal di Jl. Mahoni 30 Jakarta Pusat. Ajaran Lia Aminuddin yang profesi awalnya perangkai bunga kering ini difatwakan MUI pada 22 Desember 1997 sebagai ajaran yang sesat dan menyesatkan. Pada tahun 2003, Lia Aminuddin mengaku mendapat wahyu berupa pernikahannya dengan pendampingnya yang dia sebut Jibril. Karena itu, Lia Aminuddin diubah namanya menjadi Lia Eden sebagai lambang surga, menurut kitabnya yang berjudul Ruhul Kudus. Pengikutnya makin menyusut, kini tinggal 70-an orang, maka ada "wahyu-wahyu" yang menghibur atas larinya orang dari Lia.

Pokok-pokok ajarannya :

  • Malaikat Jibril akan muncul lagi ke Bumi dan bersemayam di diri Lia, maka dimanapun Lia berada selalu bersama Malaikat Jibril as.
  • Lia mengakui menjadi juru bicara Jibril as. dan mengaku sebagai Nabi/Rasul.
  • Lia mengaku mendapatkan wahyu.
  • Lia mengaku mendapatkan mukjizat.
  • Agama yang dibawa oleh Lia bernama Salamullah / Agama Perenialisme yang menghimpun segala agama.
  • Lia mengaku sebagai Imam Mahdi.
  • Imam Mukti (anaknya) dianggap sebagai Nabi Isa as.
  • Abdul Rahman diyakini sebagai wa'sil/Imam besar.
  • Mencukur semua jenis rambut lalu membakarnya dianggap sebagai bentuk ibadah yang diperintahkan Jibril melalui Lia Aminuddin (seperti bayi yang baru lahir).
b) Ahmadiyah


Jemaat Ahmadiyah didirikan oleh Mirza Ghulam Ahmad (1835-1908 M) di India, mendapat dukungan dan kerjasama penuh dengan pemerintah kolonial Inggris waktu itu. Sekarang pun markas besar Ahmadiyah berada di London. Ahmadiyah masuk Indonesia tahun 1935 dan tersebar. Pusatnya sekarang di Parung Bogor. Mirza Ghulam Ahmad mendeklarasikan dirinya sebagai Imam Mahdi atau Al-Masih al-Mau'ud (Juru Selamat yang Dijanjikan). Bahkan para pengikutnya meyakininya sebagai nabi setelah Nabi Muhammad SAW.

Pokok-pokok ajarannya :

  • Mirza Ghulam Ahmad mengaku dirinya Nabi dan Rasul utusan Tuhan.
  • Mengaku menerima wahyu di India. Kitab suci mereka bernama Tadzkirah. Isinya memutarbalikkan ayat-ayat suci Al Qur'an, ayat yang awal diputar ke belakang, ayat yang satu disambung ayat lainnya sesuai dengan selera nabi India tersebut.
  • Mengakui Kitab mereka sama sucinya dengan Al Qur'an.
  • Wahyu tetap turun sampai hari kiamat begitu juga Nabi dan Rasul diutus sampai hari kiamat.
  • Mempunyai tempat suci sendiri yaitu Qadian dan Rabwah. Nabi Mirza tidak pernah naik haji ke Makkah.
  • Mereka mempunyai surga sendiri yang letaknya di Qadian dan Rabwah dan sertifikat kapling surga tersebut di jual kepada jama'ahnya dengan harga sangat mahal.
  • Wanita Ahmadiyah haram nikah dengan laki-laki bukan Ahmadiyah tetapi sebaliknya boleh.
  • Tidak boleh bermakmum dibelakang orang yang bukan Ahmadiyah.
  • Ahmadiyah mempunyai tanggal, bulan dan tahun sendiri yaitu Suluh,
  • Tabliqh, Aman, Syahadah, Hijrah, Ikhsan, Wafa', Zuhur, Tabuk, Ikha', Nubuwah, Fatah. Nama tahunnya adalah Hijri Syamsi (HS).
2.1.3 Cara Menanggulangi
Ada beberapa cara untuk menanggulangi aliran sesat ini. Berikut ini adalah beberapa factor yang harus kita perbaiki agar tidak mudah terjerumus kedalam aliran sesat yaitu :

a) Menguatkan keyakinan tentang agama dan prinsip kita
Aliran sesat ini mudah sekali menyerang kaum muda, terutama yang imannya selalu goyah. Maka dari itu hal yang paling pertama adalah dengan meningkatkan iman dan ketakwaan kepada Tuhan, di Indonesia ini ada 5 agama yang telah diakui kebenarannya Katolik,Islam, Hindu, Budha, dan Kristen, ke-5 agama itu baik, agama tersebut yang menjadi simbol iman kita terhadap Sang Pencipta maka agama dan iman itu yang akan membentengi kita dari hal-hal menyimpang dan sesat, maka rajin lah untuk berdoa atas keyakinanmu, pahami dan perdalam ilmu keagamaanmu itu.

b) Menjaga pergaulan dan lingkungan

Peran orang-orang terdekat seperti orang tua dan lingkungan terdekat adalah hal yang ampuh untuk membentengi seseorang dari penyimpangan dan kesesatan. Kita harus bisa menjaga lingkungan sekitar kita agar tidak terjerumus kedalam kesesatan dan penyimpangan, kita harus bisa saling bertoleransi dan mengingatkan satu dengan yang lain, meskipun misalnya kita berbeda keyakinan. Tapi untuk saling mengingatkan tidak pernah ada yang namanya perbedaan. Orang tua juga harus selalu mengawasi dan membimbing anaknya agar dia menyadari mana hal baik dan buruk agar tidak tersesat dijalur yang salah.

2.2Penyakit Syaraf
2.2.1 Pengertian
Saraf belakang dan otak terdiri daripada jaringan yang gampang rusak. Otak itu dilindungi oleh batok kepala sedangkan saraf belakang dilindungi oleh tulang belakang. Susunan saraf pusat ini bekerja dengan baik dalam keadaan normal. Tetapi apabila terserang penyakit atau tidak mendapat aliran darah, tugasnya akan terganggu, terutama kalau mendapat pukulan hebat atau terjepit. Apabila sebagian susunan saraf dikacaukan, yang lain juga akan menderita kekacauan itu.
Hal ini akan menyebabkan permasalahan sosial bagi yang menderitanya dan akan mengganggu lingkungan sekitar. Bisa jadi menyebabkan diskriminasi pada orang yang menderitanya.
Dalam hal kelainan saraf ini, biasanya pengobatan di rumah tidak tepat. Lebih lanjut lagi, hasilnya bergantung kepada cara pengobatannya apakah penyakit itu dirawat dengan tepat setelah ditemukan dalam waktu yang dini. Berikut ini merupakan macam-macam penyebab gangguan system syaraf yaitu :

a.Cacat dalam perkembangan.
Apabila susunan saraf dipengaruhi oleh kesalahan dalam perkembangan sejak lahir, akibatnya tergantung kepada bagian mana yang terkena atau menderita keparahan kerusakan itu. Hydrocephalus adalah contoh kerusakan dalam perkembangan otak yang mempengaruhi pusat saraf dimana pembesaran kepala disebabkan karena pertambahan cairan otak di dalam kepala.

b. Gangguan Infeksi atau Peradangan.

Ini akan mempengaruhi otak, saraf belakang, saraf lainnya sama seperti jaringan lainnya. Ada 2 contoh kelainan seperti ini : radang selaput otak dan penyakit lumpuh (pada anak-anak).

c. Gangguan-gangguan yang Bersifat Teknis, Metabolik dan Nutrisi.

Beginilah keadaannya jika susunan saraf dan seluruh tubuh dipengaruhi. Racun yang dihasilkan bakteri (seperti dalam hal tetanus, difteri, keracunan makanan kaleng), penyerapan bahan logam seperti timah, pemasukan bahan-bahan kimia seperti alkohol dan Narkoba dapat merusak otak dan jaringan tata saraf. Gangguan pertumbuhan seperti phenylketonuria (PKU) dan penyakit gula karena keduanya mempengaruhi susunan saraf. Susunan saraf sangat mudah terserang penyakit jika kekurangan vitamin dalam makanan seperti vitamin B.

d. Rusak Paksa.

Meskipun susunan saraf dilindungi oleh susunan tulang, namun kerusakan berat akan terjadi apabila kepala dan punggung terkena cidera. Dalam hal luka memar, jaringan otak yang sangat halus itu akan mendapat gangguan yang berbeda-beda karena mendapat tekanan atau ketegangan. Pendarahan di dalam otak atau di dalam saraf belakang dapat merusak jaringan disana, juga karena tekanan darah beku. Dalam beberapa cidera, akan terbentuk luka-luka yang besar yang akan mengganggu jaringan otak yang halus sehingga menimbulkan kejang-kejang. Kerap kali saraf itu robek.

e. Kelainan Pembuluh Darah.

Otak dan saraf belakang mendapat aliran darah yang cukup banyak. Ini diperlukan agar sel-sel jaringan yang aktif senantiasa mendapat zat asam dan bahan makanan. Apabila pembuluh darah menjadi rusak, maka otak dan saraf belakanglah yang lebih sering dan lebih cepat menderita secara serius daripada alat lainnya. Beberapa gejala tertentu seperti pikun akan diakibatkan oleh berkurangnya aliran darah ke dalam otak. Apabila dihentikan aliran darah ke dalam otak dan syaraf belakang, maka timbullah gejala bahwa bagian itu kurang berfungsi. Biasanya inilah yang menjadi latar belakang serangan otak dimana pembuluh darah itu tersumbat.

f. Tumor.

Tumor otak atau tumor syaraf belakang termasuk "jinak" kalau tidak menyerang jaringan disekitarnya atau "ganas" kalau menyerangnya. Tumor jinak pun dapat menimbulkan gejala serius yang dapat mengancam nyawa penderita karena menekan tata saraf disekitarnya. Dalam banyak kasus tumor otak dan tumor syaraf belakang, keadaan ini dapat ditanggulangi dengan membuang tumor tersebut secepatnya. Para ahli bedah otak sangat berpengalaman dalam mengatasi hampir semua bagian tata saraf.

2.2.2 Contoh
a) Alzheimer





Penderita alzheimer memiliki kehilangan kontrol terhadap diri sendiri, selain itu penderita menjadi sangat pelupa dan sulit sekali mengingat kejadian, lokasi dan bahkan nama. Penyebab utama belum diketahui tetapi disinyalir merupakan penyakit akibat adanya trauma.

b) Down Sindrom





Sindrom Down adalah kelainan jumlah kromosom dalam sel yang paling umum. Sekitar 1 dari setiap 1.000 bayi terlahir dengan sindrom Down. Setiap tahun diperkirakan lebih dari 200.000 anak lahir di seluruh dunia dengan kondisi ini. Angka pastinya tidak tersedia, karena tidak ada pengumpulan data yang sistematis.
Sindrom Down adalah penyebab keterbelakangan mental yang paling umum. Anak-anak penyandang Sindrom Down seringkali kesulitan untuk belajar berbicara, sebagian karena mereka punya pendengaran buruk. Bahasa mereka kadang sulit untuk dipahami. Dalam banyak kasus, mereka perlu waktu lebih lama untuk memahami situasi dan hal-hal baru. Sebagai bayi, perkembangan motorik mereka tertunda. Mereka belajar merangkak atau berjalan pada usia yang lebih tua.
Ekstra kromosom dalam sindrom Down menyebabkan malformasi organ dan jaringan. Seberapa besar dampaknya terhadap kesehatan bervariasi dari orang ke orang.

2.2.3 Cara Menanggulangi
Berikut ini adalah beberapa cara untuk menanggulangi penyakit syaraf yang sering terjadi :

a) Menjaga kebersihan dan selalu menjaga diri di tempat umum.
Hal ini akan menghindarkan kita agar tidak tertular penyakit yang syaraf yang dapat menular seperti meningitis dan penyakit lainnya. Dengan menjaga kesehatan juga dapat menghindarkan kita dari kelainan sel sperma dan ovum sehingga tidak menyebabkan kelainan syaraf pada anak kita. Dengan menjaga kesehatan juga menghindarkan kita dari penyakit tumor yang dapat menyerang syaraf.

b) Menghindari benturan pada kepala
Benturan pada kepala dapat menyebabkan berbagai masalah diantaranya gegar otak dan hilang ingatan. Untuk itu keselamatan saat berkendara atau beraktifitas dengan resiko benturan kepala adalah penting.

c) Tidak mengkonsumsi obat terlarang dan hindari polutan
Obat terlarang dapat menyebabkan berbagi penyakit berbahaya, diantaranya kanker atau dapat mematikan syaraf pada pengguna narkoba. Kanker yang tumbuh dekat dengan syaraf akan mematikan syaraf secara perlahan dan mempengaruhi kinerja otak. Polutan dan obat terlarang adalah racun bagi tubuh. Untuk itu kita harus hindari sebisa mungkin.
About Us